Sedikit Coretan Marhansyah

Isi blog ini, merupakan Pemikiran dan Polarisasi Pemikiran yang pernah ada dalam kepalaku. Isi dan pelaku cerita, memang terkadang bukanlah "aku" dalam konteks yang sebenarnya. Meminjam kata "aku" atau "saya" bukan berarti saya yang menjadi pemeran dalam coretan ini. Sebagian kisah ini, atas persetujuan "ilalangliar" saya cuplik seolah-olah menjadi cerita dalam kehidupanku.

Monday, June 05, 2006

Tanda-Tanda Kah?

Teman saya sembari berjalan menuju kantin, untuk makan siang di tempat kerja berkata pada saya, "Lang, Dua daerah Istimewa di Indonesia dilanda musibah besar-besaran nih. Kamu liat nggak bahwa ini merupakan tanda-tanda?"
Aku terkaget. Aku juga baru nyadar kalo musibah besar dua tahun terakhir ini terjadi di Aceh dan di Yogya, dua daerah Istimewa. Iya, daerah istimewa. Tapi, terus terang, aku tidak tahu apa yang dimaksudkan teman saya itu.
Aku tidak mau memperjang pembicaraan masalah itu.
Memang, akupun pernah mendengar dari para ulama, baik itu melalui ceramah, atau khutbah-khutbah, bahwa suatu musibah bisa merupakan ujian atau cobaan, bisa merupakan teguran dan bisa juga merupakan azab.
Indonesia, negaraku ini, yang memiliki dua daerah yang disebut istimewa tadi, menurutku sedang diberikan teguran, agar 'memperhatikan' dua daerah istimewa ini. (ah... aku tidak bisa berprediksi untuk musibah ini, yang penting menurutku saat ini, mari kita galang solidaritas dan kebersamaan kita untuk meringankan beban sodara-sodara kita yang sedang dilanda musibah tersebut). Yang berharta, mari bantu dengan harta. Yang memiliki tenaga dan keahlian, mari bantu dengan tenaga. Yang bisa membantu dengan do'a, mari kita bantu dengan do'a.
Aku turut berduka saudaraku,
Aku dengar jeritmu dari sini...
Aku dengar..