Sedikit Coretan Marhansyah

Isi blog ini, merupakan Pemikiran dan Polarisasi Pemikiran yang pernah ada dalam kepalaku. Isi dan pelaku cerita, memang terkadang bukanlah "aku" dalam konteks yang sebenarnya. Meminjam kata "aku" atau "saya" bukan berarti saya yang menjadi pemeran dalam coretan ini. Sebagian kisah ini, atas persetujuan "ilalangliar" saya cuplik seolah-olah menjadi cerita dalam kehidupanku.

Friday, April 21, 2006

HARI KARTINI

.........
wahai ibu kita Kartini
putri yang mulia
sungguh besar cita-citanya
bagi Indonesia....


Penggalan lagu diatas tentu tidak asing lagi ditelinga kita.Nama besar RA Kartini sebagai tokoh pejuang kaum wanita hingga kini tetap dikenang luas di tengah masyarakat.Betapa besar cita-cita dan perjuangannya dalam mengangkat harkat dan martabat kaum wanita ditanah air.Kartini ingin melihat kaum wanita bangkit dari belenggu penindasan dan penderitaan.Sehingga wanita bsa setara dengan kaum laki-laki..seiring dengan perkembangan zaman, penderitaan dan perlakuan tak adil yang diterima kaum wanitapun menampilkan corak yang berbeda.Kaum wanita dulunya tidak mendapatkan kesempatan menikmati pendidikan,sehingga banyak yang terbelenggu dalam kebodohan.Untuk merealisasikan cita-cita kartini tersebut, tentu bukan hal yang gampang. Tidak hanya cukup dari usaha kaum wanita sendiri.Dukungan dari semua pihak termasuk kaum laki-laki,tokoh agama dan pemerintah sangat diperlukan. betapa terpuruknya bangsa ini jika kaum wanita dibiarkan terbelenggu dalam kebodohan,penindasan dan penderitaan.Karena sesungguhnya kemajuan kaum wanita adalah kemajuan bagi semua pihak.
SELAMAT HARI KARTINI

by Asri,jogja