Sedikit Coretan Marhansyah

Isi blog ini, merupakan Pemikiran dan Polarisasi Pemikiran yang pernah ada dalam kepalaku. Isi dan pelaku cerita, memang terkadang bukanlah "aku" dalam konteks yang sebenarnya. Meminjam kata "aku" atau "saya" bukan berarti saya yang menjadi pemeran dalam coretan ini. Sebagian kisah ini, atas persetujuan "ilalangliar" saya cuplik seolah-olah menjadi cerita dalam kehidupanku.

Monday, November 10, 2003

Perubahan ..........



Siapakah Yang Mempunyai Kuasa Atas Perubahan itu?

Suatu pertanyaan biasa, dan sederhana. Bahkan sangat sederhana memang. Tapi, ada yang tidak sederhana dari perubahan itu sendiri. Perubahan akan menjadi sederhana, apabila ditafsirkan bahwa perubahan adalah laksana air yang mengalir dari tempat yang lebih tinggi menuju tempat yang lebih rendah. Yah.. sangat sederhana, bila perubahan diartikan seperti itu. Tapi, perubahan akan merupakan suatu hal yang sangat luar biasa, atau mungkin sangat dahsyat bila di dalamnya - didalam perubahan itu - kita dapat menjadi bagian, atau bahkan kita sendiri yang menjadi pelaku perubahan itu.

Sangat sering kita mendengar, ayooo kita menuju perbaikan. Ayo, kita mencari kemajuan. Sepertinya, kita terbiasa menjadi pengikut. Sepertinya kita terbiasa menjadi follower, bukan leader. Sangat sulit rasanya kita (terutama saya) menjadi orang yang berani tampil untuk merubah, untuk memimpin diri kita (cara kita sendiri, perilaku kita sendiri, atau tingkah laku kita sendiri) ke arah lebih baik. Kita terbiasa di-gong-i dengan ceramah-ceramah. Kita terbiasa di-cekok-ki dengan arahan-arahan, buku-panduan, dan sebagainya. Tapi, kita tidak terbiasa untuk memulainya dari sekarang. Kita tidak biasa (bukan tidak bisa) memulainya dari diri kita sendiri....

Begitu besar makna perubahan....



Po5t3d by : 1lalang L14r