Sedikit Coretan Marhansyah

Isi blog ini, merupakan Pemikiran dan Polarisasi Pemikiran yang pernah ada dalam kepalaku. Isi dan pelaku cerita, memang terkadang bukanlah "aku" dalam konteks yang sebenarnya. Meminjam kata "aku" atau "saya" bukan berarti saya yang menjadi pemeran dalam coretan ini. Sebagian kisah ini, atas persetujuan "ilalangliar" saya cuplik seolah-olah menjadi cerita dalam kehidupanku.

Thursday, August 07, 2003

ASAL BEDA???

(Barangkali bukan merupakan keadaan yang sebenarnya)



Hari ini menjelang makan siang dikantin tempatku bekerja. Seperti biasa, aku menuju ke kantin setelah sedikit memejamkan mataku (dalam beberapa menit saja). Di perjalanan aku disapa, dan kadang aku yang menyapa teman-teman sekerjaku. Hal yang biasa, saling sapa dan bertukar senyum.

Beberapa cewek (yang kurasa mereka manis-manis, Nengsih, Warni, Cucu) menyapaku saat aku berpapasan dengan mereka, dan akupun tahu mereka baru saja makan siang. Akupun tahu, mereka makan siang bukan di kantin tempat kami biasa makan, di kantin yang disediakan oleh perusahaan.



Tapi....

Yang aku tidak tahu kenapa mereka 'memaksa diri' untuk makan di luar kantin (di warteg)??? Padahal aku tahu betul, bahwa 'apa yang mereka makan' di warteg sana - dan inipun dengan cara membeli - tidaklah jauh berbeda dengan yang di makan di kantin - yang sebenarnya 'gratis' dan disediakan oleh perusahaan. Dan akupun tahu, kadang-kadang yang mereka makan di warteg itupun menu-nya kadang-kadang tidak selengkap yang di makan di kantin. Dikantin - yg disediakan oleh perusahaan dan gratis itu - pasti ada lauk, ada sayur, ada kerupuk, ada sambel, ada tempe / tahu, ada lalapan dan ada buah. Sedangkan di warteg, mereka kadang hanya makan lauk dan sayur saja. Terus apa donk yang membuat mereka seperti itu?????



Aku kadang jadi berfikir: APAKAH KITA - MANUSIA INI - selalu mempunyai PRINSIP YANG PENTING BEDA???

Dan akupun juga berfikir : KALAU BEGITU PARA POLITIKUS KITA JUGA BERPRINSIP YANG PENTING BEDA??, Soal salah dan benar NANTI SAJA?????



Akh.... INIKAH POTRET manusia Indonesia-ku YANG KATANYA BERADAB, SOPAN DAN BERAGAMA ini???



________________________________________